Kamis, 17 Mei 2012

MODUL PENDIDIKAN AGAMA HINDU

BAB I Pendahuluan
A. Deskripsi Ruang Lingkup Modul
Dalam modul ini Anda akan mempelajari Sejarah perkembagan Agama Hindu di India dan negara-negara lainnya. Diharapkan siswa mampu menjelaskan perkembangan agama Hindu di India, menjelaskan perkembangan agama Hindu di negara lain, mengambil hikmah dari perkembangan agama Hindu di India dan negara lain, dan menunjukan bukti peninggalan sejarah perkembangan agama Hindu di India dan negara lain.



B. Prasyarat
Dalam mempelajari modul ini Anda harus memahami sejarah perkembangan agama Hindu beserta tiga zaman yang ada yaitu zaman Veda, zaman brahmana dan zaman Upanisad. Hal ini dapat memudahkan dalam memahami sejarah Agama hindu di India dan negara lainnya.

C. Petunjuk Penggunaan Modul
Penjelasan Bagi Siswa :
1. Pelajari daftar isi serta skema kedudukan modul dengan cermat dan teliti. Karena dalam skema modul akan nampak kedudukan modul yang sedang Anda pelajari dengan modul-modul yang lain.

2. Kerjakan soal-soal dalam cek kemampuan untuk mengukur sampai sejauh mana pengetahuan yang telah Anda miliki.

3. Apabila dari soal dalam cek kemampuan telah Anda kerjakan dan 70% terjawab dengan benar, maka Anda dapat langsung menuju Evaluasi untuk mengerjakan soal-soal tersebut. Tetapi apabila hasil jawaban Anda tidak mencapai 70% benar, maka Anda harus mengikuti kegiatan pembelajaran dalam modul ini.

4. Perhatikan langkah-langkah dalam melakukan pekerjaan dengan benar untuk mempermudah dalam memahami suatu proses pekerjaan.

5. Pahami setiap materi teori dasar yang akan menunjang dalam penguasaan suatu pekerjaan dengan membaca secara teliti. Kemudian kerjakan soal-soal evaluasi sebagai sarana latihan.

6. Untuk menjawab tes formatif usahakan memberi jawaban yang singkat, jelas dan kerjakan sesuai dengan kemampuan Anda setelah mempelajari modul ini.

7. Bila terdapat penugasan, kerjakan tugas tersebut dengan baik dan bilamana perlu konsultasikan hasil tersebut pada guru/instruktur.

8. Catatlah kesulitan yang Anda dapatkan dalam modul ini untuk ditanyakan pada guru pada saat kegiatan tatap muka. Bacalah referensi lainnya yang berhubungan dengan materi modul agar Anda mendapatkan tambahan pengetahuan.

Peran Guru:
Peran guru dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan modul ini adalah:
1. Membimbing siswa dalam merencanakan proses pembelajaran
2. Membimbing siswa dalam memahami materi
3. Membimbing siswa dalam menyelesaikan latihan
4. Melakukan proses penilaian dan mencatat hasil penilain
5. Mengadakan ramedial bagi siswa yang belum kompeten

D. Tujuan Akhir
Setelah mempelajari modul ini diharapkan Anda dapat:
1. Menjelaskan perkembangan sejarah Agama Hindu di India beserta tiga zaman yang ada.
2. Mendeskripsikan hikmah dari perkembangan agama Hindu di India dan negara lain,
3. Menunjukan bukti peninggalan sejarah perkembangan agama Hindu di India dan negara lain.

E. Manfaat Modul
Setelah mempelajari modul ini, diharapkan kita dapat memahami sejarah perkembangan Agama Hindu di India dan Negara-negara lainnya.

BAB. II PEMBELAJARAN
Kompetensi: Menjelaskan Sejarah Agama Hindu di India
Sub Kompetensi :
1. Menjelaskan perkembangan agama Hindu di India pada zaman Veda
2. Menjelaskan perkembangan agama Hindu di India pada zaman Brahmana
3. Menjelaskan perkembangan agama Hindu di India pada zaman Upanisad




Jenis Kegiatan Tanggal Waktu Tempat Belajar Alasan Perubahan Tanda Tangan Guru
Jenis Kegiatan Tanggal Waktu Tempat Belajar Alasan Perubahan Tanda Tangan Guru
Jenis Kegiatan Tanggal Waktu Tempat Belajar Alasan Perubahan Tanda Tangan Guru
Jenis Kegiatan Tanggal Waktu Tempat Belajar Alasan Perubahan Tanda Tangan Guru
Jenis Kegiatan Tanggal Waktu Tempat Belajar Alasan Perubahan Tanda Tangan Guru



A. Kegiatan Belajar
Kegiatan Belajar
1. Sejarah Agama Hindu di India
a. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
Setelah mempelajari kegiatan belajar 1, diharapkan Siswa/pengguna modul dapat:
1) Menjelaskan sejarah Agama Hindu di India
2)Menjelaskan sejarah agama Hindu pada tiga zaman (Veda, Brahmana, upanisad)

b. Uraian Materi
Uraian materi dapat dilihat dengan mengikuti link ini

c. Rangkuman
Ajaran agama Hindu merupakan wahyu dan Ida Sanghyang Widhi Wasa yang diterima oleh para Maha Rsi. Ajaran Agama Hindu adalah kebenaran yang abadi, dan pada mulanya berkembang di Lembah Sungai Sindhu di India bagian barat daya yang sekarang dikenal dengan nama Punyab.

Zaman Weda di India dimulai dengan datangnya bangsa Arya ke India pada tahuni 2500 SM, bertempat di Lembah Sungai Sindhu.

Bangsa Arya berasal dan Austria, Hongaria dan Babylonia. Masa perpindahan bangsa Arya menuju India dan Iran di selat Bosporus disebut pase Indo-Iran.

Di India Rsi Vyasa mengkodifikasi Weda dikelompokkan menjadi 4 (empat) yang disebut “Catur Weda Samhita”, yang terdiri dari: Rg Weda, Sama Weda, Yajur Weda dan Atharwa Weda. Pada jaman Weda dilaksanakan pemujaan kepada dewa-dewa. Di antara dewa-dewa yang dipuja, yang paling dominan mendapat penghormatan adalah Dewa Indra sebagai dewa perang, karena sesuai dengan karakter Bangsa Arya yang sangat gemar mengembara dan berperang.

Zaman Brahmana ditandai dengan munculnya kitab suci Brahmana. Pada zaman ini kehidupan beragama yang ditonjolkan adalah pelaksanaan korban suci/yadnya. Pada zaman inilah muncul berbagai kitab yang memuat tentang upacara seperti Kalpa Sutra. Zaman Upanisad dimulai sejak tahun 800 SM. Kata Upanisad berarti duduk dekat dengan guru untuk mendengarkan ajaran-ajaran suci kerohanian. Pada zaman ini yang lebih ditekankan adalah ajaran filsafat. Pada zaman Upanisad juga berkembang 9 (sembilan) aliran flisafat yang disebut dengan nama “Nawa Darsana” dan dikelompokkan menjadi dua kelompok besar yaitu kelompok Astika dan kelompok Nastika.

d. Tugas
Buatlahgambarbagansejarah Agama Hindu padatigazaman (Veda, Brahmana, upanisad)

e. Tes Formatif
1. Sebutkan Ciri-ciri zaman Veda?
2. Jelaskan ciri-ciri zaman Brahmana?
3. Jelaskan ciri-ciri zaman Upanisad?
4. Sebutkan Sapta Rsi Penerima Wahyu!
5. Sebutkan murid Maharsi Wyasa yang membukukan Catur Weda?

f. Kunci Jawaban
1. Cirizaman Veda ;MunculnyaCatur Veda, Pelafalanayat-ayat Veda secaralangsung, terbentuknyaKitab Veda, menyanyikan Veda
2. Ciri zaman Brahmana : munculnyakitabBrahmana, upacaramenjadiprioritasdalamkeagamaan, munculnyakitab-kitab Sutra ataupenuntunUpacarakorban
3. Ciri zaman Upanisad :munculnyaaliranfilsafat Hindu ; adanyakelompokNastika (Budha,Carvaka, jaina), danAstika (Nyaya, Vaisesika, Mimamsa, Samkhya, Yoga, Vedanta).
4. Sapta Rsi Penerima Wahyu :
1. Rsi Grtsamada
2. Rsi Wiswamitra
3. Rsi Atri
4. Rsi Baravaja
5. Rsi Vasistha
6. Rsi Kanwa
7. Rsi Vamadewa

5. Empat Murid Maharsi Wyasa adalah
1. Maharsi Pulaha membukukan Reg Veda
2. Maharsi Jaimini membukukan Sama Veda –
3. Maharsi Vaisampayana membukukan Yajur Veda
4. Maharsi Sumantu membukukan Atharva Veda

g. Rangkuman
Ajaran agama Hindu merupakan wahyu dan Ida Sanghyang Widhi Wasa yang diterima oleh para Maha Rsi. Ajaran Agama Hindu adalah kebenaran yang abadi, dan pada mulanya berkembang di Lembah Sungai Sindhu di India bagian barat daya yang sekarang dikenal dengan nama Punyab.

Zaman Weda di India dimulai dengan datangnya bangsa Arya ke India pada tahuni 2500 SM, bertempat di Lembah Sungai Sindhu.

Bangsa Arya berasal dan Austria, Hongaria dan Babylonia. Masa perpindahan bangsa Arya menuju India dan Iran di selat Bosporus disebut pase Indo-Iran.

Di India Rsi Vyasa mengkodifikasi Weda dikelompokkan menjadi 4 (empat) yang disebut “Catur Weda Samhita”, yang terdiri dari: Rg Weda, Sama Weda, Yajur Weda dan Atharwa Weda. Pada jaman Weda dilaksanakan pemujaan kepada dewa-dewa. Di antara dewa-dewa yang dipuja, yang paling dominan mendapat penghormatan adalah Dewa Indra sebagai dewa perang, karena sesuai dengan karakter Bangsa Arya yang sangat gemar mengembara dan berperang.

Zaman Brahmana ditandai dengan munculnya kitab suci Brahmana. Pada zaman ini kehidupan beragama yang ditonjolkan adalah pelaksanaan korban suci/yadnya. Pada zaman inilah muncul berbagai kitab yang memuat tentang upacara seperti Kalpa Sutra. Zaman Upanisad dimulai sejak tahun 800 SM. Kata Upanisad berarti duduk dekat dengan guru untuk mendengarkan ajaran-ajaran suci kerohanian. Pada zaman ini yang lebih ditekankan adalah ajaran filsafat. Pada zaman Upanisad juga berkembang 9 (sembilan) aliran flisafat yang disebut dengan nama “Nawa Darsana” dan dikelompokkan menjadi dua kelompok besar yaitu kelompok Astika dan kelompok Nastika.

h. Tugas
Buatlah gambar bagan sejarah Agama Hindu pada tiga zaman (Veda, Brahmana, upanisad)

i.Tes Formatif
1. Sebutkan Ciri-ciri zaman Veda?
2. Jelaskan ciri-ciri zaman Brahmana?
3. Jelaskan ciri-ciri zaman Upanisad?
4. Sebutkan Sapta Rsi Penerima Wahyu!
5. Sebutkan murid Maharsi Wyasa yang membukukan Catur Weda?

j. Kunci Jawaban
1. Cirizaman Veda ;MunculnyaCatur Veda, Pelafalanayat-ayat Veda secaralangsung, terbentuknyaKitab Veda, menyanyikan Veda
2. CirizamanBrahmana : munculnyakitabBrahmana, upacaramenjadiprioritasdalamkeagamaan, munculnyakitab-kitab Sutra ataupenuntunUpacarakorban
3. CirizamanUpanisad :munculnyaaliranfilsafat Hindu ; adanyakelompokNastika (Budha,Carvaka, jaina), danAstika (Nyaya, Vaisesika, Mimamsa, Samkhya, Yoga, Vedanta).
4. SaptaRsiPenerimaWahyu :
1. Rsi Grtsamada
2. Rsi Wiswamitra
3. Rsi Atri
4. Rsi Baravaja
5. Rsi Vasistha
6. Rsi Kanwa
7. Rsi Vamadewa

5. Empat Murid Maharsi Wyasa adalah
1. Maharsi Pulaha membukukan Reg Veda
2. Maharsi Jaimini membukukan Sama Veda –
3. Maharsi Vaisampayana membukukan Yajur Veda
4. Maharsi Sumantu membukukan Atharva Veda


BAB III EVALUASI
A. Tes Tertulis
1. Sebutkan Ciri-ciri zaman Veda?
2. Jelaskan ciri-ciri zaman Brahmana?
3. Jelaskan ciri-ciri zaman Upanisad?
4. Sebutkan Sapta Rsi Penerima Wahyu!
5. Sebutkan murid Maharsi Wyasa yang membukukan Catur Weda?

B. Kunci Jawaban
1. Cirizaman Veda ;MunculnyaCatur Veda, Pelafalanayat-ayat Veda secaralangsung, terbentuknyaKitab Veda, menyanyikan Veda

2. Ciri zaman Brahmana : munculnyakitabBrahmana, upacaramenjadiprioritasdalamkeagamaan, munculnyakitab-kitab Sutra ataupenuntunUpacarakorban

3. Ciri zaman Upanisad :munculnyaaliranfilsafat Hindu ; adanyakelompokNastika (Budha,Carvaka, jaina), danAstika (Nyaya, Vaisesika, Mimamsa, Samkhya, Yoga, Vedanta).

4. SaptaRsiPenerimaWahyu :
1. Rsi Grtsamada
2. Rsi Wiswamitra
3. Rsi Atri
4. Rsi Baravaja
5. Rsi Vasistha
6. Rsi Kanwa
7. Rsi Vamadewa

5. Empat Murid Maharsi Wyasa adalah
1. Maharsi Pulaha membukukan Reg Veda
2. Maharsi Jaimini membukukan Sama Veda –
3. Maharsi Vaisampayana membukukan Yajur Veda
4. Maharsi Sumantu membukukan Atharva Veda






No. Aspek Penilaian Kriteria penilaian Skor
1 Ketepatan dalam menjawab soal Penggunaan skala benar

Penggunaan skala tidak benar
10

1
2 Laporan

Sistimatika penyusunan laporan
Kelengkapan bukti fisik
Laporan disusun sesuai sistimatika yang telah ditentukan

Laporan disusun tanpa sistimatika
Melampirkan bukti fisik hasil penyusunan

Tidak melampirkan bukti fisik
4
1
4
1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar